Selasa, 28 Agustus 2012

Pendaftaran Anggota TNI


Persyaratan Menjadi TNI


Prajurit TNI AD direkrut dari masyarakat umum dalam upaya memenuhi kebutuhan organisasi TNI AD. Untuk memperoleh prajurit baru yang berkualitas serta mampu memenuhi tuntutan tugas, maka penyediaan prajurit dilaksanakan melalui penerimaan dan pengerahan dengan kegiatan-kegiatan pengujian atau penyaringan berdasarkan persyaratan yang ditentukan.



Persyaratan Umum untuk menjadi prajurit adalah :


1. Warga negara Republik Indonesia,
2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945,
4. Sudah berumur 18 tahun,
5. Sehat jasmani dan rohni, serta
6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan
7. Keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.
8. Selain itu, harus memenuhi persyaratan lain yang ditentuka dan lulus dari pengujian atau lulus dari penyaringan.Penerimaan Prajurit di lingkungan TNI AD di bagi dalam 3 kelompok yaitu kelompok Tamtama, Bintara dan Perwira.


Tamtama :


Membentuk prajurit dalam tatanan organisasi TNI/TNI AD sebagai prajurit pelaksana yang terpercaya dengan keterampilan yang tinggi. Karena itu pendidikan Tamtama bertujuan membentuk dan mengembangkan pemuda-pemuda warga negara Indonesia yang memenuhi syarat sesuai ketentuan untuk menjadi Calon Tamtama umum TNI AD.Bintara :


Membentuk prajurit Bintara dalam tatanan organisasi TNI sebagai pimpinan unit kecil, juru, pelatih, pengawas serta tulang punggung pelaksana tugas TNI/TNI AD. Karena itu pendidikan Bintara bertujuan membentuk dan mengembangkan Bintara; agar mampu, cakap serta mahir melaksanakan tugas dan jabatan sesuai dengan lapangan penugasannya.Pendidikan Perwira.


Membentuk prajurit Perwira dalam tatanan organisasi TNI/TNI AD sebagai pemimpin dalam arti luas. Dalam arti sebenarnya, yaitu Pimpinan yang mempunyai nilai kejuangan dan kemampuan profesi yang tinggi. Karena itu Pendidikan Perwira bertujuan membentuk dan mengembangkan Perwira agar: mampu, cakap serta mahir melaksanakan tugas dan jabatan sesuai dengan lapangan penugasan, sebagai kekuatan Pertahanan.
PENDAFTARAN TAMTAMAGELOMBANG I 
1. Pendaftaran : 9 s.d 20 Januari 2012.
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 24 Januari s.d 20 April 2012 (Psi 5-6 Maret).
3. Sidang Panitia Daerah : 25 s.d 26 April 2012.
4. Buka Pendidikan : 30 April 2012.GELOMBANG II 
1. Pendaftaran : 30 Juli s.d 10 Agustus 2012.
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 13 Agustus s.d 16 Nopember 2012 (Psi 1-2 Oktober).
3. Sidang Panitia Daerah : 21 s.d 22 Nopember 2012
4. Buka Pendidikan : 26 Nopember 2012.TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat Lengkap Tempat Pendaftaran (Klik disini)PERSYARATAN TAMTAMA PK1. Warga Negara Republik Indonesia Pria, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri dan PNS TNI.2. Umur pada saat masuk Dikma tanggal 30 April 2012 untuk gelombang I dan tanggal 26 Nopember 2012 untuk gelombang II, tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun.3.Serendah-rendahnya berijazah SLTP/Tsanawiyah atau yang setara.4. Tidak kehilangan hak menjadi prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.5. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut ditemukan dikemudian hari pada saat mengikuti DIkma.6. Belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama dalam pendidikan pertama dan 2 tahun setelah diangkat menjadi Prada.7. Berbadan Sehat (jasmani dan rohani).8. Tinggi badan tidak kurang dari 165 Cm dan berat badan seimbang.9. Harus ada persetujuan dari orang tua/wali.10. Bagi yang sudah bekerja melampirkan Surat Persetujuan/Ijin dari kepala dinas/jawatan/instansi yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Tamtama PK.11. Harus mengikuti seleksi, pemeriksaan/pengujian dan pemilihan yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi:a. Administrasi
b. Kesehatan
c. Jasmani
d. wawancara
e. Psikologi.12. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 7 tahun dan bersedia ditempatkan dimana saja, diseluruh Wilayah Negara Republik Indonesia.13. Persyaratan lain :a. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
b. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari kemendikbud.PENDAFTARAN BINTARA1. Pendaftaran : 9 s.d 20 Juli 2012
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 23 Juli s.d 12 Oktober 2012 (Psi 27-28 Agustus).
3. Sidang Panitia Daerah : 17 s.d 18 Oktober 2012.
4. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : 22 s.d 28 Oktober 2012. 
5. Sidang Panitia Pusat : Pria : 1 Nopember 2012 dan Wanita : 2 Nopember 2012.
6. Buka Pendidikan : 5 Nopember 2012TEMPAT PENDAFTARAN : 1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat lengkap tempat pendaftaran (klik disini)
PERSYARATAN BINTARA PK TNI AD
1.Warga Negara Republik Indonesia pria/wanita, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta buakn anggota/mantan prajurit TNI/Polri dan PNS TNI.2. Umur pada saat masuk pendidikan tanggal 5 Nopember 2012 tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun.3. Tidak kehilangan hak menjadi prajurit TNI, berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.4. Berbadan sehat (jasmani dan rohani).5.Lulusan SMA/SMK/Madrasah Aliyah atau yang setara.6. Belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama dalam pendidikan pertama dan 2 tahun setelah diangkat menjadi serda.7.Tinggi badan tidak kurang dari 165 Cm bagi pria dan 160 Cm bagi wanita serta memiliki berat badan seimbang8.Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan ataudikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti Dikma.9. Sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung sejak dilantik menjadi serda dan bersedia ditempatkan dimana saja, diseluruh wilayah Republik Indonesia.10.Harus ada persetujuan dari orang tua/wali.11. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang meliputi :a. Administrasi.
b. Kesehatan.
c. Jasmani.
d. Wawancara.
e. Psikologi.12. Cara Pendaftaran. Calon datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan foto copy :a. Kartu kewarganegaraan (bagi keturunan WNA).
b. Akte kelahiran/surat kenal lahir.
c. KTP calon dan KTP orang tua/wali.
d. Kartu Keluarga (KK).
e. STTB SD, SMP/MTs dan SMA/MA dan yang disetarakan berikut NUAN.13. Persyaratan lain :a.Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
b. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.14. Bagi yang sudah bekerja melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas/jawatan/Instansi yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Bintara PK TNI AD.

Sekian Dulu Infonya, jika ada yang ditanyakan silakan post coment 

0 komentar:

Posting Komentar